Our social:

Minggu, 07 Juni 2015

Cara Install YII Framework di Windows XP/7

Teman – teman pasti tau YII Framework yang mempunyai kepanjangan Yes It Is. YII framework bisa digunakan untuk membangun aplikasi web seperti e-commerce, cms , forum dll. Nah, disini saya mau share tentang cara instal YII Framework di OS  Windows 7/XP karena caranya sama. Kalau kalian ada yang pernah instal Framework Codeigniter, cara instal Codeigniter dengan YII berbeda. Berikut caranya
1. Download file YII nya terlebih dahulu di situs resmi Yii framework . Saya menggunakan versi 1.1.12.
 2. Lalu setelah download selesai. Maka ekstrak folder YII ke dalam htdocs pada xampp kalian.
3. Lalu buka command prompt kalian dan ketikkan cd c:\xampp\php untuk masuk ke dalam direktori xampp dan php, lalu tekan enter. Seperti gambar ini.

4. Lalu  untuk membuat kerangka aplikasi YII, saya ketikkan php.exe C:\xampp\htdocs\yii\framework\yiic webapp C:\xampp\htdocs\testyii. Perintah ini bertujuan untuk membuat folder bernama testyii ke dalam root directory c:\xampp\htdocs\ yang berdasarkan aturan yang telah dibuat oleh YII, yaitu YII telah saya copy paste ke dalam C:\xampp\htdocs\yii. Lalu setelah tekan enter maka akan muncul pertanyaan dan ketik “yes” dan tekan enter.

5. Lalu akan muncul proses instalasi seperti gambar di bawah ini. Tunggu sampai selesai.

6. Selamat YII telah terinstall dan untuk mengetahui apakah YII telah terinstal dengan baik. Buka xampp,aktifkan apache dan mysql. Lalu buka browser dan ketikkan localhost/testyii/.
 
Selamat Mencoba!

sumber