Our social:

Senin, 25 Juli 2011

KIMIA

APA ITU KIMIA?
Kesan yang popular tentang kimia adalah tabung reaksi, bau -= bauan yang aneh dan menyengat, ledakan bom, pencemaran linghkungan, dan kesan – kesan negative lainnya. Padahal, ilmu kimia berperan penting dalam mendukung perkembangan industri. Kemajuan industri ini membawa kesejahteraan dan banyak kemudahan bagi umat manusia.
Sebagai ilmu yang mempelajari zat – zat penyusun materi, sifat – sifatnya, serta perubahan – perubahan yang dialaminya, kimia mampu menjelaskan dengan baik banyak penomena macro yang terjadi di alam.kimia juga dapat menjelaskan bagaimana zat – zat saling bereaksi. Reaksi kimia tidak hanya terjadi di laboratorium, melainkan terjadi pula di sekitar kita. Proses pernafasan, fotosintesis, dan pematangan buah merupakan beberapa contoh reaksi kimia. Rekasi kimia dapat digunakan untuk membuat beragam produk yang kita perlukan sehari – har. Oleh karena itu praktisi industri menggunakan reaksi kimia untuk menghasilkan berbagai produk makanan, minuman, detergen, tekstil, kertas, dan bahan – bahan konsumsi lainnya. Ahli medis pun menggunakan reaksi kimia untuk menemukan obat – obatan, menguji sampel darah, dan menentukan dosis obat yang tepat bagi pasien.
MENGAPA HARUS BELAJAR KIMIA??
Kimia merupakan ”The Central Science” yang erat kaitannya dengan bidang ilmu lain jika anda tertarik mendalami bidang biologi, fisika, kedokteran, farmasi, teknologi pangan, dan forensik, sebaiknya anda membekali diri dengan kimia. Konsep – konsep kimia akan sangat membantu anda memahami ilmu – ilmu tersebut.
Kimia juga memabantu anda untuk dapat menggunakan bahan – bahan kimia secara aman dan tepat. Misalnya, anda tidak akan mencampur bahan pemutih pakaian dentgan detergen karena hal itu dapat menimbulkan gas yang berbahaya. Anda juga dapat menghindari makan, minuman, dan kosmetika yang mengandung bahan – bahan kimia yang berbahaya.
APA MANFAAT JIKA MENGUASAI KIMIA??
Dengan menguasai kimia, anda dapat mengenal alam semesta secara lebih baik. Anda akan tercengan bahwa alam semesta ini telah diatur sedemikian rapihnya dan dengan desain yang luar biasa hebatnya. Dengan demikian, anda akan semakin memahi makna kemaha besaran tuhan YME. Yang tidak pernah menciptakan sesuatu dengan sia – sia.
Selain itu, penguasaan ilmu kimia yang baik pula dapat mengantarkan anda menjadi seorang ahli botani, ahli kimia, dokter, apoteker, ahli biokimia, ahli kosmetika, ahli lingkungan, ahli geologi, ahli forensik, editor buku atau jurnal ilmiah, dokter gigi, ahli pangan, ahli zoologi, ahli radiologi, guru, dosen, praktisi bisnis pengolah makanan, teknisi laboratorium, peneliti, dan potografer.
sumber