Our social:

Minggu, 05 Juni 2011

Multiboot CD / DVD / USB (Flashdisk) dengan Sardu

SARDU adalah singkatan dari Short for Shardana Antivirus Rescue Disk Utility yang merupakan software aplikasi gratis yang bisa membuat CD , DVD, Flashdisk (USB) memiliki kemampuan multiboot. Multiboot maksudnya adalah bahwa CD / DVD / Flashdisk USB ini bisa diisi program bootable lebih dari 1. Contohnya dalah 1 Flashdisk yang berukuran 8 GB bisa diisi software master dari Windows 7, Windows XP, Linux (Ubuntu dll), Antivirus Rescue disk (yang bisa digunakan untuk membersihkan komputer kita jika sudah terinfeksi virus), dan software utility lainnya.
Dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, di pasaran banyak beredar netbook-netbook yang tidak dilengkapi dengan CD / DVD-ROM sehingga mau tidak mau saat install Sistem Operasi harus menggunakan DVD-ROM External. Salah satu solusi jika kita tidak mau membeli DVD External yakni kita bisa meng-install Sistem Operasi dengan menggunakan flashdisk bootable dimana sudah semua netbook keluaran sekarang didukung booting dari USB.
Selain itu, CD / DVD / Flashdisk bootable ini sangat berguna sekali jika komputer kita menghadapi masalah seperti terkena virus atau bahkan tidak bisa booting (tidak bisa masuk ke sistem operasi). Kita bisa melakukan scan terhadap virus dari device ini. Bahkan kita bisa juga melakukan backup sistem kita jika sistem kita mengalami crash. Banyak utility lain yang bisa kita manfaatkan (lengkapnya bisa baca di sarducd.it).